Home » News » TIPS: Perhatikan Klep Pada Yamaha Byson Agar Motor Tak Cepat “Loyo”

TIPS: Perhatikan Klep Pada Yamaha Byson Agar Motor Tak Cepat “Loyo”

byson-gif_hznwzm

Yamaha News – Salah satu penyakit sepeda motor Yamaha Byson tipe karburator adalah power lost atau tenaga yang mendadak loyo ketika sedang dipacu. Kira-kira apa penyebabnya?

Menurut Senior Mekanik Adolina Motor Sport Jakarta, Misan, tenaga sepeda motor Yamaha Byson karburator sering hilang mendadak lantaran adanya masalah atau kerusakan pada klep mesin (valve).

Ia menjelaskan klep terdiri dari dua bagian. Pertama adalah klep in yang bertugas membuka dan menutup saluran masuk udara dari karburator ke ruang bakar. Kedua adalah klep ex, berfungsi membuka dan menutup saluran gas buang.

“Tenaga Byson ngempos penyebabnya adalah klep sudah mulai longgar atau malah bocor, khususnya klep minyak. Kalau bocor, pengapian jadi tidak maksimal,” terang Misan seperti dilansir laman Liputan6, Selasa (23/2/2016).

Kerusakan klep, lanjut Misan, bisa disebabkan karena usia pakai sepeda motor. Tetapi menurutnya, masalah tersebut lebih sering timbul lantaran pemilik motor menggunakan bahan bakar beroktan rendah.

“Bahan bakar yang jelek [oktan rendah] kan nantinya lama-lama menghasilkan kerak. Nah, kerak ini bisa membuat buka tutup klep tidak sempurna,” imbuhnya.

Ia menyebut klep yang berkerak dapat diperbaiki dengan cara skir klep, ongkosnya sekitar Rp70.000.

Tetapi jika klep benar-benar rusak, jalan satu-satunya adalah membeli klep baru khusus sepeda motor Yamaha Byson karburator yang harga pasarannya sekitar Rp185.000 per set. (solopos.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*